Arrahmah.Com

Arrahmah.Com

Link to Arrahmah.com

Belasan warga sipil Yaman diduga tewas dalam serangan udara koalisi Saudi

Posted: 13 Jan 2016 03:32 PM PST

Warga Yaman memeriksa rumah yang diduga hancur oleh serangan udara yang dilakukan oleh Arab Saudi di pinggiran Sana'a pada 26 Agustus 2015. (Foto: EPA)

SANA'A (Arrahmah.com) - Sedikitnya 15 warga sipil Yaman telah tewas dalam serangan udara yang dilancarkan oleh pasukan koalisi pimpinan Saudi di luar ibukota Sana'a, ujar warga pada Rabu (13/1/2016).

Seorang juru bicara koalisi mengatakan laporan dari serangan udara tersebut tidak akurat, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Menurut warga yang berbicara kepada Reuters melalui telepon, serangan udara itu menghantam sebuah daerah dekat desa Bilad Al-Rus, sekitar 40 km dari selatan Sana'a, dekat pangkalan militer yang dikuasai milisi Syiah Houtsi yang terlibat pertempuran dengan pasukan koalisi pimpinan Saudi dan loyalis Hadi selama hampir setahun terakhir.

Dua puluh lima orang lainnya terluka dalam serangan itu, ujar warga.

Sebuah koalisi-sebagian besar negara Arab-yang dipimpin oleh Arab Saudi telah meluncurkan kampanye militer di Yaman dengan dalih memerangi Syiah Houtsi yang menguasai ibukota Yaman, Sana'a sejak September 2014. Hampir 6.000 orang dilaporkan tewas sejak Maret 2015, sekitar setengah dari mereka adalah warga sipil, menurut angka yang dikeluarkan PBB. (haninmazaya/arrahmah.com)

Gaza hadapi musim dingin yang keras setelah "Israel" memotong pasokan gas

Posted: 13 Jan 2016 03:05 PM PST

Warga Gaza menghangatkan diri mereka di depan api. (Foto: Reuters)

GAZA (Arrahmah.com) - Warga Palestina di Jalur Gaza mengatakan "Israel" telah sangat membatasi pasokan gas ke Jalur Gaza selama musim dingin tahun ini, menimbulkan gangguan besar untuk kehidupan bagi sebagian besar keluarga di Gaza dan memperburuk dampak cuaca dingin.

Tholfikar Sweirjo, anggota dari Front Populer untuk Pembebasan Palestina di Gaza mengatakan kepada Al Jazeera bahwa jumlah gas yang memasuki Gaza telah menurun setidaknya 50 persen sejak awal Desember.

"Orang-orang menderita, khususnya karena banyak mobil yang telah dikonversi untuk menggunakan gas sebagai pengganti bensin karena tingginya harga bensin," ujarnya seperti dilansir Al Jazeera pada Rabu (13/1/2016).

Sweirjo menuduh otoritas "Israel" menyebabkan kekurangan gas ini untuk mengintensifkan tekanan terhadap Gaza dalam upaya untuk mendorong orang-orang melawan Hamas, kelompok yang menguasai Jalur Gaza.

Pernyataannya muncul seminggu setelah Pusat Media Internasional Timur Tengah mengutip pernyataan Muhammad Al-Abadaleh, juru bicara asosiasi pemilik stasiun bahan bakar dan gas di Gaza yang mengatakan: "Ini adalah minggu keempat sejak pemerintah 'Israel' sangat menurunkan pasokan gas untuk memasak untuk Jalur Gaza."

Dia juga mengatakan jumlah gas yang diizinkan masuk ke wilayah Palestina hanya 15 persen dari yang biasa dibutuhkan.

Kementerian Energi "Israel" belum memberi tanggapan terkait informasi ini.

Ramy Abdu, direktur Pemantau Hak Asasi Manusia Euro-Mediterania yang berbasis di Gaza mengatakan kepada Al Jazeera bahwa lebih dari 20 persen rumah tangga di Jalur Gaza tidak memiliki gas, serta rumah sakit dan sekolah.

"Biasanya kami menunggu beberapa hari untuk mendapatkan jatah gas kami, namun bagi banyak warga mereka telah menunggu selama berminggu-minggu. Kami berbicara mengenai kekurangan permanen selama musim dingin," ungkapnya yang menambahkan bahwa beberapa restoran bahkan telah dipaksa untuk tutup.

Abdu mengatakan kekurangan listrik telah memperburuk krisis, karena orang-orang harus lebih mengandalkan gas.

"Telah ada penurunan pasokan listrik. Biasanya kami memiliki delapan sampai 10 jam listrik yang menyala selama satu hari dan kini hanya 4-8 jam."

Dia juga mengatakan sektor pertanian Gaza sangat bergantung pada gas untuk menjalankan rumah kaca, terutama karena "Israel" menyemprotkan racun untuk menghancurkan tanaman.

"Selama 10 tahun terakhir, 'Israel' telah memberlakukan blokade yang telah membuat kehidupan warga Gaza sangat sengsara," ujar Abdu. (haninmazaya/arrahmah.com)

Pendirian Siloam di Solo tidak tepat mengingat.....

Posted: 13 Jan 2016 05:15 AM PST

Aksi membentangkan poster tolak proyek Siloam Solo, Rabu (13/1/2016)

SOLO (Arrahmah.com) - Dalam suratnya kepada Walikota Solo, pimpinan DPRD Solo dan pimpinan proyek pembangunan Siloam Solo, Rabu (13/1/2016), pengurus Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS) menyampaikan bahwa sesungguhnya alasan pendirian hotel, rumah sakit dan pusat pendidikan Siloam di Solo tidak tepat mengingat;

  1. Jika alasannya perhotelan, maka Hotel di Solo sudah sangat banyak dan melebihi kapasitas pengunjung.
  2. Jika alasannya Pusat Pendidikan, maka Pusat pendidikan di Solo sudah cukup lengkap baik tingkat PAUD hingga Universitas baik negeri maupun Swasta. Pendidikan Siloam dikenal sangat Mahal hingga biaya 10.000.000 per bulan. Ini berlawanan dengan kebijakan pemkot Solo yang meringankan biaya pendidikan dan kesehatan
  3. Jika alasannya Rumah Sakit, maka Rumah Sakit di Surakarta sudah mencukupi baik secara kualitas maupun kuantitasnya.

"Untuk itu kami minta kepada Walikota Solo dan Ketua DPRD serta anggotanya untuk menolak pendirian Hotel, Pusat Pendidikan dan Rumah Sakit SILOAM di Solo, karena berdampak pada gangguan dan pencemaran lingkungan serta berdampak pada keresahan warga," demikian tutup surat yang ditandatangani Ketua LUIS Edi Lukito, SH dan Sekertaris Drs. Yusuf Suparno itu.

Sebelumnya dilaporkan, Rabu (13/1/2016) siang jam 13.30 sejumlah warga Kratonan Solo dan elemen Muslim Surakarta memasang spanduk dan poster di sekitar proyek Siloam. Hadir dalam aksi ini dari tokoh masyarakat Ali dan Rofi'i serta elemen Muslim dari LUIS, Al Ishlah, JAS, Arimatea, Laskar Solo Timur, FUI Sangkrah, dan dikawal oleh aparat dari TNI, Polri dan Pemkot Solo. (azmuttaqin/*/arrahmah.com)

Madaya, kasus yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam perang di Suriah

Posted: 13 Jan 2016 04:30 AM PST

bocah kelaparan di suriah

MADAYA (Arrahmah.com) - Bencana kelaparan di Madaya, Suriah, adalah hal terburuk yang pernah ada pada perang di Suriah, lansir World Bulletin (12/1/2016).

Sajjad Malik, kepala badan pengungsi PBB di Damaskus, mengatakan kepada wartawan bahwa tidak ada yang sebanding dengan apa yang dilihat di Madaya.

Ia menambahkan, para warga mati kelaparan selama pengepungan berbulan-bulan oleh pasukan pro-rezim.

Konvoi 44 truk dari Bulan Sabit Merah Suriah, Palang Merah Internasional, dan PBB merupakan pertolongan pertama untuk warga Madaya sejak Oktober silam.

"Tidak ada kehidupan," kata Malik yang berada di konvoi.

"Makanan sangat langka, dan satu kilo beras dihargai $ 300. Bahkan satu keluarga menjual sepeda motor hanya untuk lima kilo beras," tambahnya.

(fath/arrahmah.com)

Iran lepaskan marinir AS

Posted: 13 Jan 2016 04:00 AM PST

jyntmdz0nbmfw4596rty

TEHERAN (Arrahmah.com) - Pengawal Revolusi Iran telah melepaskan 10 pelaut AS dan kapal patroli mereka setelah penyelidikan yang menunjukkan mereka memasuki perairan Iran secara tidak sengaja.

"Terbukti pula bahwa Marinir Amerika yang ditahan tidak memasuki perairan Iran secara sengaja. Setelah permintaan maaf mereka, mereka telah dilepaskan ke perairan internasional di Teluk," juru bicara mengatakan sebagaimana dilansir World Bulettin (13/1/2016).

Pembebasan mereka dilakukan segera setelah komandan pasukan angkatan laut Garda', Laksamana Ali Fadavi, mengatakan ia menunggu perintah akhir untuk mengatur pembebasan pelaut AS.

Fadavi mengatakan Iran menyimpukan bahwa pelanggaran ini bukan perseteruan atau pun untuk tujuan mata-mata. Ia menambahkan para pelaut AS memasuki wilayah Iran karena sistem navigasi yang rusak.

Para pejabat AS sebelumnya mengatakan salah satu atau kedua kapal mengalami masalah mekanik dan telah dibawa ke Farsi Islan, yang terletak kira-kira di tengan antara Iran dan Arab Saudi di Teluk.

(fath/arrahmah.com)

Ahrar Syam dan Jaisyul Islam mengutuk pengeboman Istanbul

Posted: 13 Jan 2016 03:30 AM PST

Foto: ElDorar AlShamia

DAMASKUS (Arrahmah.com) - Ahrar Syam dan Jayshul Islam, faksi revolusi Suriah yang paling terkemuka, mengutuk bom bunuh diri yang mengguncang distrik Sultanahmet di Istanbul, Turki.

Sebagaimana dilansir oleh ElDorar AlShamia, Selasa (12/1/2016), Ahmad Kara Ali, juru bicara Ahrar Syam telah mengutuk pengeboman Istanbul sebagai suatu tindakan teroris yang sangat pengecut.

Dia juga menegaskan dukungan Ahrar Syam kepada pemerintah Turki dan rakyatnya.

"Kami berdiri bersama pemerintah Turki dan rakyatnya, dan memhon kepada Allah menjaga keamanan Turki", kata Ahmad Kara Ali.

Pemimpin Jayshul Islam juga mengeluarkan pernyataan resmi yang mengatakan: "Komando Jayshul Islam mengutuk keras serangan teroris pengecut yang menargetkan orang-orang yang tidak bersalah di kota Istanbul Turki."

Pemerintah Turki mengumumkan bahwa pengeboman di Istanbul yang menargetkan area padat turis dilakukan oleh warga Suriah berusia 28 tahun.

(ameera/arrahmah.com)

Benarkah Jihad di Bumi Syam wajib bagi setiap Muslim? (1)

Posted: 13 Jan 2016 03:00 AM PST

syaikh1

(Arrahmah.com) - Bilal Abdul Kareem, seorang jurnalis senior asal Amerika, menyampaikan kabar terkini dari lapangan, di mana ia dan timnya menghubungkan kita dengan orang-orang yang berada di bumi jihad Syam.

Kali ini, Bilal yang melaporkan untuk On the Ground News melakukan wawancara spesial dengan Syaikh Abdullah Al-Muhaisini, membahas menganai Jihad Fardhu 'Ain bagi kaum Muslimin di seluruh dunia yang telah diserukan oleh seluruh faksi jihad di bumi Syam (Suriah).

Seruan ini muncul dengan ditandai adanya Seruan Umum Untuk Berjihad bagi seluruh kaum Muslimin yang ditandatangani oleh 40 orang ulama dalam Rabitah Ulama di Bumi Syam.

Bagaimana sebenarnya latar belakang munculnya seruan tersebut, dan apa saja konsekuensinya? Berikut ini terjemah wawancara yang dilakukan oleh Bilal bersama Syaikh Abdullah Al-Muhaisini tersebut, yang dipublikasikan Muqawamah Media pada Selasa (12/1/2016).

***

Saya Bilal Abdul Kareem dari On The Ground News. Kami memiliki wawancara spesial yang akan kami hadirkan untuk Anda hari ini, yakni kami akan mewawancarai Dr. Abdullah Al-Muhaisini. Doktor Al-Muhaisini datang dari Arab Saudi dan ia berasal dari keluarga yang sangat religius dan terhormat, ia mendapat gelar Doktor dalam bidang Studi Islam dan telah berada di wilayah Suriah selama beberapa tahun ini.

Ia mungkin telah menjadi ulama yang paling dicintai di seluruh Suriah saat ini. Saya yakin bahwa popularitasnya ini datang dari sebuah kenyataan bahwa ia telah meninggalkan kehidupan dunianya yang mapan, ia telah meninggalkan kampung halamannya, ia telah meninggalkan keluarganya, meninggalkan negaranya dan datang ke Suriah untuk menolong warga Suriah.

Beliau bukan hanya datang ke Suriah untuk sekadar berdakwah dan menyebarkan ilmu agamanya, tetapi juga dengan menolong penduduk Suriah dengan cara berperang di garis depan untuk melawan musuh-musuh rakyat Suriah. Bahkan ia telah beberapa kali mengalami luka-luka dan sesungguhnya ini adalah wawancara pertama yang ia lakukan setelah luka parah terakhir yang melukai tangannya, dan dalam keadaan tersebut, ia melayani kami untuk melakukan wawancara. Berikut ini wawancara tersebut, jazakumullah khairan.

Bilal: Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Syaikh Muhaisini: Wa'alaikumussalaam warahmatullaahi wabarakatuh, hayyakallah wahai Bilal, hayyakumullaah jamii'an.

Bilal: Barakallaah fiikum.

Syaikh Muhaisini: Hayyakallah.

Bilal: Sebelumnya, saya perlu bertanya kepada Anda, tampaknya ada yang telah terjadi pada diri Anda (tangan beliau terluka dan dipen dengan batangan logam), bisakah Anda menceritakannya kepada kami?

Syaikh Muhaisini: Segala puji hanya bagi Allah, shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasul ï·º dan para shahabatnya Radhiallahu Anhum. Wahai Rabbku, longgarkanlah dadaku dan mudahkanlah segala urusanku dan hilangkan segala kekakuan lidahku dan jadikan mereka memahami ucapan-ucapanku.

Saya memuji Allah atas segala Rahmat-Nya dan atas segala apa yang Ia jadikan mudah bagi saya. Ini adalah sebuah luka biasa yang terjadi di utara Suriah di dekat sebuah pertempuran karena serangan udara Rusia dan kami bersyukur kepada Allah atas Kebaikan-Nya.

Bilal: Doktor, saya ingin bertanya kepada Anda terkait adanya Seruan Umum yang Mewajibkan Jihad bagi Seluruh Kaum Muslimin, yang telah disebarkan baru-baru ini. Deklarasi ini telah dibuat dan diterbitkan oleh Rabithah Ahlul Ilmi di Negeri Syam, kami telah membacanya dan kami ingin bertanya kepada Anda:

  • Apa tujuan Anda dibalik pernyataan ini?
  • Apa hasil yang Anda harapkan dari publikasi pernyataan ini?

Syaikh Muhaisini: Benar bahwa pernyataan tentang ini telah dideklarasikan oleh sebuah Dewan Ulama yang diberkahi, yang beranggotakan 40 orang penuntut ilmu, termasuk mereka yang secara fisik terlibat langsung dalam jihad dan darah mereka tertumpah di bumi Syam ini. Dan mereka yang mengetahui fakta-fakta yang terjadi di lapangan.Mereka mendeklarasikan sebuah pernyataan, sebenarnya pernyataan ini bukanlah sebuah hal yang sepele, tapi ini adalah sebuah hasil dari sebuah proses pembelajaran yang penting.

Deklarasi ini merupakan pelaksanaan dari firman Allah,

"Engkau harus menerangkannya (kebenaran itu) dengan jelas dan janganlah engkau menutup-nutupinya." (Al-Ayat)

Sebagaimana yang telah diperintahkan syariat ini, maka para ulama harus menerangkan kepada umat ini kenyataan yang mereka miliki, tugas-tugas mereka serta persoalan-persoalan mengenai hubungan antara mereka dengan Allah Ta'ala.

Salah satu persoalan yang dihadapi umat Islam saat ini adalah perbedaan pendapat dan ketidaksepakatan. Salah satu perbedaan pendapat terbesar dalam tubuh umat ini saat ini adalah dalam persoalan Jihad di bumi Syam, apakah jihad di Bumi Syam telah menjadi Fardhu 'Ain atau Fardhu Kifayah?

Jika kami katakan bahwa jihad di Bumi Syam adalah wajib bagi setiap Muslim, maka di antara kaum lelaki dan para pemuda wajib datang untuk berjihad di Bumi Syam, kecuali bagi mereka yang mendapatkan uzur dan pengecualian dari Allah Ta'ala.

Jika kami katakan bahwa jihad di Syam adalah Fardhu Kifayah, maka maknaya, mereka yang berjihad di bumi Syam saat ini telah mencukupi dan bukan lagi menjadi sebuah kewajiban bagi umat Islam yang lainnya.

Ini adalah persoalan yang telah menjadi perdebatan panjang selama 5 tahun ini, sumber perbedaan pendapat ini adalah apakah Bumi Syam benar-benar membutuhkan para lelaki (Sumber Daya Manusia baru dalam jihad) ataukah tidak?

Ini adalah perbedaan pendapat tentang penerapan aturan fikih yang telah disebutkan oleh para ulama terkait situasi yang kita alami. Jadi para ulama telah banyak mengeluarkan pendapat tentang hal ini, sebagaimana disebutkan dalam Deklarasi Rabithah tersebut dan di sini kami tidak perlu menyebutkannya lagi.

Mereka telah menyebutkan banyak perkataan ulama mulai dari Ibnu Taimiyah, Imam Al-Qurthubi , dan para ulama lain terkait persoalan ini, yakni bahwa jika orang-orang kafir menjajah sebuah negeri Islam maka telah menjadi tugas bagi seluruh rakyat di negeri tersebut untuk menghentikan musuh. Demikian agar negeri Islam tidak dijajah, jika mereka tidak memiliki kemampuan, maka kewajiban tersebut jatuh kepada kaum Muslimin lainnya yang ada di wilayah terdekat untuk menolong mereka dan seterusnya. Kita akan berbicara tentang hal ini saja dan tidak akan berbicara tentang orang yang mengatakan bahwa jihad telah menjadi kewajiban yang mengikat kita semua sejak kita kehilangan Andalusia.

Sumber perdebatan panjang ini berakar pada pertanyaan, apakah "Jihad Syam membutuhkan sumber daya manusia yang baru?" Siapa yang akan menentukan ini? Para ulama? Bukan! Keputusan ini bukan ditentukan oleh para ulama. Tapi hal ini diputuskan oleh para komandan jihad di medan perang. Komandan-komandan jihad inilah yang berhak mengatakan,

"Aku membutuhkan tambahan 1000 prajurit untuk bertempur bersamaku"…"Aku membutuhkan 10.000 prajurit." "Aku butuh 2000 orang."…"500 orang sudah cukup." dan lain-lainnya. Demikianlah mengapa perbedaan ini terjadi.

Oleh karena itu, mengapa saya pernah mengatakan kepada saudara-saudara kita yang berfatwa bahwa jihad ini tidak mengikat kepada setiap Muslim, sebagian dari mereka tidak ingin mengatakan bahwa jihad ini bukan sebuah Fardhu 'Ain, sehingga tidak menjadi tugas bagi mereka untuk datang.

Pada saat yang sama, tidak ada seorangpun yang ingin mendapatkan komentar seperti, "Ia memberi fatwa bahwa jihad telah menjadi Fardhu 'Ain, tapi ia sendiri tidak mau datang berjihad!" Ia pasti akan malu jika mendapat tanggapan seperti ini. Sehingga ia memilih untuk mengatakan, "Kaum Muslimin yang berjihad di Suriah sudah berada dalam jumlah yang mencukupi…!"

Beberapa orang lagi karena alasan-alasan politis mengatakan hal yang sama. Ini karena ia tidak mau memiliki masalah dengan penguasa. Kami tidak berbicara tentang mereka. Karena mereka akan mengajukan ribuan alasan untuk tidak berjihad. Tetapi saya ingin membicarakan tentang para penuntut ilmu yang bersikap jujur kepada Allah, yakni mereka yang ingin mencari kebenaran dan memberikan fatwa berlandaskan pada kebenaran. Seperti jika Anda menandatangani suatu pernyataan atas nama Allah.

Kita membicarakan tentang orang-orang yang jujur ini. Kita bertanya, "Siapa yang memutuskan persoalan ini?" Jawabnya, "Para komandan jihad."

Maaf jika saya terlalu berpanjang lebar, tetapi saya ingin menjelaskan bahwa dasar pengambilan keputusan tentang ini ada di tangan para Komandan Jihad.

Sebelum Rusia ikut campur, Iran dengan seluruh kekuatannya ikut campur dan Hizbusy-Syaithan dari Libanon dengan segenap kekuatan mereka, maka kita masih bisa sedikit menerima perbedaan hukum Jihad ini. Di sana ada kehadiran Mujahidin dan sebagainya.

Namun sekarang, setelah pasukan Rusia, Iran dan Syi'ah seluruh dunia menyerang bersama-sama, maka lihatlah apa yang terjadi di selatan Aleppo, tidak jauh dari tempat kita membuat film ini terdapat kehadiran 47 kelompok milisi Syiah.

Bilal: Empat puluh tujuh?

Syaikh Muhaisini: Ya 47. Kelompok-kelompok Syiah ini bernama Al-Nujabaa', Al-Fatimiyun, Al-Haidariyun, Al-Alawiyun…47! Saya melihat dengan mata kepala saya sendiri mayat-mayat dari 10 batalyon Syiah yang berbeda-beda. Ini sebagai sebuah keterangan mengenai fakta baru di medan perang, maka fatwa yang menyatakan bahwa orang yang berjihad di Suriah sudah sampai pada jumlah yang mencukupi (Fardhu Kifayah) harus diubah sehingga Jihad menjadi Wajib Fardhu 'Ain bagi setiap orang yang mampu.

Ketika fakta-fakta dan perkembangan waktu berubah maka fatwa pun berubah. Situasi telah berubah, oleh karena itu Jaisyul Fath mengeluarkan fatwa dan saya ada di sana ketika fatwa tersebut ditulis. Dan bersama saya terdapat komite syariat Jaisyul Fath. Di sana terdapat 10 Komandan Jihad dari semua Divisi dalam Jaisyul Fath.

Kita mendiskusikan tentang seruan umum untuk berjihad bagi semua orang yang mampu, baik itu para lelaki, para ahli dan orang-orang kaya. Tidak ada satupun yang tidak setuju, mereka semua sepakat. Mereka bahkan sampai menyalahkan saudara kita yang bertanggung jawab karena fatwa ini terlambat muncul hingga 2 atau 3 hari.

Jadi para pemimpin Jaisyul Fatah sepakat bahwa sekarang jihad di bumi Syam telah menjadi Fardhu 'Ain. Mereka, para pemimpin Jihad tersebut tdiak berfatwa tetapi mereka membicarakan akan kebutuhan adanya para lelaki (SDM baru dalam jihad ini), jadi tentang argumen tentang "Kebutuhan SDM dalam jihad), maka Jaisyul Fatah sebagai sebuah faksi militer Islam yang besar dan terdiri dari banyak kelompok seperti, Jaisyu As-Sunnah, Ajnadus Syam, Jabhah Nushrah, Ahrar Syam, Faylaq Asy-Syam, Liwa' al Haq.

Sebanyak tujuh atau enam kelompok Jihad di antara kelompok-kelompok besar telah berfatwa dan saya tidak mengatakan tentang sebuah fatwa diniyyah, tetapi yang saya maksudkan bahwa mereka mengakui adanya kebutuhan akan keberadaan para lelaki (SDM baru dalam jihad). Saya juga mendengar hal yang sama dari 5 atau 6 kelompok lainnya dengan telingaku sendiri. Maknanya 90% atau 80% dari kelompok-kelompok jihad di Suriah membutuhkan SDM baru.

Setelah itu, maka keluarlah fatwa yang dideklarasikan oleh para ulama untuk menyempurnakan situasi ini. Fatwa tersebut membicarakan tentang pernyataan para ulama terkait kebutuhan SDM baru dalam jihad, dengan demikian perbedaan pendapat pun selesai sebagaimana yang dinyatakan oleh para Komandan Jihad tentang itu.

Jadi, Fatwa Diniyah adalah hal terakhir, pengumuman fatwa tersebut disesuaikan dengan situasi saat ini dan pemahaman yang benar tentang persoalan ini.

Bilal: Seseorang yang melihat dan mendengar Anda barangkali berkata, "Kami melihat di televisi bahwa di sana terdapat para lelaki dari para penduduk negeri ini. Dan di sana juga ada para lelaki di kamp-kamp pengungsian. Lantas, mengapa Anda membutuhkan para lelaki dari luar negeri untuk datang ke negeri ini?

Syaikh Muhaisini: Ini adalah pertanyaan yang bagus wahai Bilal saudaraku, sebuah pertanyaan yang bagus dan penting. Ini adalah pertanyaan yang barangkali saya sendiri juga akan menanyakan hal yang sama jika saya ada di posisinya. Namun, landasan pertanyaan ini menunjukkan rendahnya pemahaman jihad yang dimiliki oleh si penanya. Kami bisa saja memaafkan orang yang mengatakan hal seperti itu karena dia tidak terlibat dalam Jihad dan saya tidak mengatakan hal-hal yang buruk tentang para ulama yang mengatakan hal-hal semacam ini, tetapi mereka yang melihat dengan matanya sendiri tidaklah sama dengan mereka yang hanya mendengarkan. Itulah mengapa para ulama memaafkan Ibnu Hazm ketika ia mengatakan bahwa rukun Sa'i (berjalan bolak balik) antara Shafa dan Marwah harus dilakukan sebanyak 14 kali, bukan 7 kali. Mereka mengatakan, "Allah memaafkannya. Jika ia datang untuk berhaji dan melihat keadaannya, dia akan mengatakan bahwa rukun Sa'i antara Shafa dan Marwah adalah sebanyak 7 kali. Kami mengatakan hal yang sama, jika mereka datang dan melihat maka mereka akan mengetahuinya.

Jadi kami menjawab pertanyaan ini dari dua sisi.

Mereka yang mengatakan, "Mengapa kamu mengundang orang-orang selain penduduk Suriah? Bukankah penduduk Suriah ada di sana?" Jawaban saya:

Pertama: Benar bahwa mereka di sini dan mereka merupakan elemen utama. Semoga Allah memberikan balasan kepada mereka atas apa yang telah mereka berikan kepada Ahlussunnah di manapun mereka berada. Saya katakan, Ahlussunnah berhutang kepada penduduk Suriah dengan hutang yang sulit mereka tebus. Para penduduk Suriah sekarang ini berdiri tegak di garis depan peperangan melawan Syiah. Jika demikian:

Apakah masuk akal ketika para penjajah ini datang untuk menyerang umat Islam kemudian kita hanya menonton saja nasib saudara-saudara kita seiman menghadapi Syiah dari 10 negara yang menyerang mereka?

Pada kenyataannya, bukan hanya Syiah, Rusia, Iran, Libanon tapi seluruh dunia. Ini bukan rahasia, kami pernah menunjukkan ratusan kartu identitas. Sebagai jurnalis cobalah Anda pergi sekarang ke pinggiran Aleppo selatan. Lihatlah pada video-video klip yang telah kami tunjukkan semuanya dan saya telah ikut bertempur dalam peperangan tersebut, saya juga katakan bahwa semua yang terbunuh itu adalah orang-orang asing. Mereka menganggap diri mereka sebagai orang yang berhijrah demi agama mereka, jadi menurut Syiah, ini adalah perang suci bagi mereka.

Apakah masuk akal, ketika Syiah dari seluruh dunia datang untuk membunuh penduduk Suriah dan Sunni dan untuk menciptakan wilayah Syiah, kemudian kita datang dengan sebuah fatwa yang sarat kepentingan politis yang berbunyi, "Jangan! Tinggalkan masalah ini kepada penduduk Suriah, kita akan melihat mereka dari jauh saja?!

Bersambung...

(banan/arrahmah.com)

Bom bunuh diri hantam konsulat Pakistan, enam orang tewas di Afghanistan

Posted: 13 Jan 2016 02:00 AM PST

Seorang polisi Afghanistan bereaksi saat asap mengepul  selama serangan di dekat konsulat Pakistan di Jalalabad, Afghanistan 13 Januari 2016.

NANGARHAR (Arrahmah.com) - Dua warga sipil tewas dan beberapa orang terluka pada Rabu pagi (13/1/2016) ketika seorang pelaku bom bunuh diri meledakkan rompinya di dekat konsulat Pakistan di provinsi Nangarhar timur, kata para pejabat.

Serangan bunuh diri itu terjadi sekitar 09:00 dekat konsulat Pakistan di Jalalabad, ibukota provinsi, menewaskan dua warga sipil dan melukai dua lainnya, juru bicara gubernur, Attaullah Khogyani, mengatakan kepada Pajhwok Afghan News.

Seorang pejabat, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan bahwa empat polisi tewas. Seorang petugas polisi lalu lintas dan dua warga sipil terluka dalam pengeboman itu, katanya.

"Pengebom itu datang dengan berjalan kaki ke dekat sebuah kendaraan polisi dan meraih pistol dari seorang polisi sebelum meledakkan rompi bunuh dirinya," kata seorang saksi, bernama Fazli Ilahi.

Dia melihat dua mayat dan beberapa orang terluka di lokasi kejadian.

Salah satu dari dua pelaku bom bunuh diri itu bersembunyi di dekat konsulat dan terlibat baku tembak dengan personel keamanan selama satu jam, katanya. Sejauh ini tidak ini pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan bunuh diri itu.

(ameera/arrahmah.com)

Warga Kratonan menolak proyek Siloam Solo

Posted: 13 Jan 2016 01:36 AM PST

Aksi pemasangan spanduk tolak proyek pembangunan hotel, RS dan pusat pendidikan Siloam Solo, Rabu (13/1/2016)

SOLO (Arrahmah.com) - Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS) dan perwakilan warga Kratonan yang tergabung dalam komunitas warga Kratonan menyatakan menolak pendirian hotel, rumah sakit dan pusat pendidikan Siloam yang akan didirikan di jalan Honggowongso selatan SMA Kristen 1 Sidokare, Solo

Endro Sudarsono melaporkan, Rabu (13/1/2016) siang jam 13.30 sejumlah warga Kratonan Solo dan elemen Muslim Surakarta memasang spanduk dan poster di sekitar proyek Siloam.

Hadir dalam aksi ini dari tokoh masyarakat Ali dan Rofi'i serta elemen Muslim dari LUIS, Al Ishlah, JAS, Arimatea, Laskar Solo Timur, FUI Sangkrah, dan dikawal oleh aparat dari TNI, Polri dan Pemkot Solo.

Dalam suratnya kepada Walikota Solo, pimpinan DPRD Solo dan pimpinan proyek pembangunan Siloam Solo, pengurus LUIS menyampaikan beberapa pertimbangan penolakan tersebut.

  1. Dalam rencana pembangunan akan dibangun 30 lantai berada dilingkungan yang sangat padat penduduk, padat pemukiman, disamping ada penolakan warga juga rencana tersebut pasti menyisakan persoalan limbah yang akan mencemari tanah, udara, air, dan suara.
  2. Saluran air disekitar kratonan sangat tidak mendukung untuk pembuangan limbah tersebut.
  3. Rencana pembangunan yang akan dibangun 30 lantai membuat warga was was dan dirugikan baik saat proses pembangunan hingga bangunan jadi. Efek material, debu, kebisingan pasti terjadi.
  4. Kebutuhan air bersih di SILOAM dipastikan sangat melimpah, dikuatirkan kebutuhan air bersih warga di Kecamatan Serengan menjadi terganggu.
  5. Ganggungan sinyal telekomunikasi, akan terganggu karena bangunan yang sangat tinggi.

(azmuttaqin/arrahmah.com)

Bom bunuh diri targetkan konsulat Pakistan di Afghanistan

Posted: 13 Jan 2016 01:15 AM PST

ae4bbec2-ecad-4bb4-88af-e94bad4fb7a4_169

JALALABAD (Arrahmah.com) - Konsulat Pakistan di Jalalabad, Afghanistan, ditutup pada hari Rabu setelah serangan bom bunuh diri terjadi di dekat gedung konsulat.

Sebagaimana dilansir BBC (13/1/2016), sedikitnya enam orang tewas dan 11 orang lainnya terluka.

Juru bicara gubernur provinsi, Attaullah Khogyani, mengatakan pembom itu mencoba bergabung dengan antrian orang yang mencari visa ke Pakistan dan meledakkan dirinya setelah dicegah memasuki gedung, lansir Reuters (13/1).

Setelah kejadian, aparat terlibat baku tembak dengan beberapa pelaku lainnya yang membarikade diri di sebuah rumah dekat lokasi.

(fath/arrahmah.com)